Profile Yayasan Yabis

YAYASAN YABIS, adalah sebuah Yayasan Pendidikan Islam yang secara dejure telah berdiri sejak tanggal 18 Oktober 1986, berdasarkan Akta Notaris Rasyid Umar, SH. Nomor 64 tahun 1986 di Balikpapan. Dalam pelayanannya, Yayasan YABIS berkantor di Gedung Utama YABIS yang berlokasi di Jl. Brigjen Katamso No. 40, Kelurahan Belimbing, Kecamatan Bontang Barat, Kota Bontang, Kalimantan Timur.

Kata “YABIS” adalah singkatan dari Yayasan Pembinaan Islam dan kini berubah menjadi “Yayasan YABIS.”

Berkat rahmat Allah SWT, Yayasan bermotto Al-Ikhlas ini telah menjadi “Institusi Pendidikan Islam Terlengkap Pertama di Kota Bontang”, bukti dan faktanya dapat kita lihat melalui jenjang pendidikan yang tersedia, mulai dari jenjang pendidikan anak usia dini sampai dengan tingkat perguruan tinggi.

YABIS, berpusat di kota Bontang, Kalimantan Timur, pada awalnya, YABIS berdiri diatas lahan seluas +1,5 Hektar, dengan berbagai fasilitas jenjang pendidikan, termasuk Masjid dan Rumah Sakit Islam, namun saat ini, lahan pembangunan YABIS telah berkembang menjadi +3 Hektar.

Yayasan YABIS, bergerak di bidang pendidikan, da’wah dan muamalah, sehingga YABIS tidak hanya sebagai kampus pendidikan formal, namun juga sebagai wadah menuntut ilmu non-formal dibidang pendidikan agama.

Perjuangan dan karya bhakti para pioneer YABIS, merupakan sebuah perjalanan panjang menempuh aral maupun rintang yang tiada terasa telah menembus waktu puluhan tahun, YABIS telah mencapai usianya yang ke-32 tahun, dan telah menjadi sebuah “mahakarya.” Kesemuanya ini, merupakan sebuah anugrah yang patut dihargai dan disyukuri, karena keberhasilan YABIS secara empiris telah tercatat oleh waktu, semoga tercatat pula sebagai ladang amal ibadah.

Keberhasilan ini, tentunya tidak lepas dari kontribusi serta kerja keras seluruh jajaran pembina, pengurus dan pengawas, kemudian jajaran PLH, kepala sekolah, guru, dosen, staf dan karyawan sebagai ujung tombak pada semua unit yang ada di semua bidang, bagi mereka yang telah bekerja dan berkarya sepenuh hati, serta ikhlas semata-mata karena mengharap ridho Allah SWT, kiranya mendapatkan berkah dan rahmat yang tiada putus-putusnya.

Yayasan YABIS adalah sebuah yayasan yang terbuka, dan sangat terhadap masukan, saran dan kritik, bahkan, YABIS adalah salah satu yayasan di Kota Bontang yang setiap tahunnya diaudit oleh akuntan publik dari Surabaya.

Akhirnya, yang penting untuk diingat, “Roma tidaklah dibangun dalam semalam”, begitupun YABIS, kehadiran YABIS adalah sebuah “sejarah panjang” dalam lembaran waktu pembangunan di Kota Bontang. Kini YABIS telah mencapai usianya yang ke-32 tahun, YABIS selamanya akan bersama ummat, karena YABIS adalah “Yayasan Milik Ummat.”