Teladani Semangat Belajar RA Kartini

YAYASAN YABIS, Dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April mendatang, Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK) IT Yabis mengelar berbagai kegiatan, Sabtu (7/3) lalu. Bertempat di ruang TK IT Yabis, kegiatan bertema "Kita Teladani Semangat Belajar RA Kartini" diikuti 120 anak yang tergabung dalam KB  dan TK. Dengan memakai kebaya, kain ulos, peci, blangkon, beserta aksesoris dan pakaian profesi yakni tentara dan polisi, anak-anak melakukan parade dengan mengelilingi yayasan Yabis.

Kegiatan tersebut di antaranya gerak lagu Iris-irisan Telo, gerak lagu Kampuang Nan Jauh Dimato, penampilan lagu untuk bunda, dan gerak lagu Indonesia Menari. Disusul gerak lagu Ilir-Ilir, gerak lagu Cublak-Cublak Suweng, gerak lagu Kicir-Kicir, dan gerak lagu Bunga Jumpo.

Kepala Sekolah TK IT Yabis Mujiah mengatakan, kegiatan ini menjadi agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Tujuan untuk memperkenalkan sosok RA Kartini  yang merupakan pahlawan nasional yang memperjuangkan emansipasi wanita .

"Dengan kegiatan ini para siswa dapat meneladani kiprah RA Kartini. Dengan menanamkan sejak dini tentu anak dapat mengetahui perjuangan Kartini dalam dunia pendidikan,” kata Mujiah

Lebih lanjut dia menyampaikan, kegiatan ini juga menyosialisasikan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernasbaku) yang akan dilaksanakan serentak 5 Mei mendatang. Kata dia, Gernasbaku merupakan suatu gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga Indonesia dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah, di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan masyarakat.

"Di zaman sekarang banyak yang asyik dalam dunia digital yakni dunia maya. Bukan berati dunia digital terhadap anak. Tetapi peran orang tua untuk meminimalisir kedekatan dalam dunia tersebut,” terangnya

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.