SD IT YABIS Libatkan Semua Elemen Sukseskan Adiwiyata

Guru Mengkampanyekan Kegiatan Pengelolaan Sampah Di Lingkungan Sekolah


HUMAS YABIS, Program Adiwiata adalah program yang peduli terhadap pelestarian lingkungan, namun untuk mencapai hasil yang optimal, sekolah dapat berproses dari hal sederhana yang diharapkan menjadi budaya, yaitu budaya peduli terhadap lingkungan.  Mengacu pada prinsip dasar program tersebut yaitu partisipasi dan keberlanjutan.

Menerapkan sekolah Adiwiyata secara optimal dan efisien membutuhkan proses yang tidak mudah. Di awali dengan sekolah harus bisa membenahi fisik dan sikap warga sekolah agar peduli pada lingkungan. Hal tersebut terlihat di SD IT YABIS , melibatkan semua elemen sekolah untuk mendukung program adiwiyata.

Program penghijauan sekolah sebenarnya sudah sangat umum dibicarakan, namun terkadang program tersebut hanya sampai pada penanaman tumbuhan, kurang ada keberlanjutan program untuk merawat sesuai dengan visi program adiwiyata. Tapi berbeda dengan Program Adiwiyata di SD IT YABIS yang pada tahun ini di pimpin oleh Tarmudji, S.Pd. “Program ini didukung oleh semua elemen sekolah, baik dari Manajemen Yayasan Yabis, Dewan Komite Sekolah, Dewan Guru, Warga, termasuk siswa SD IT YABIS juga memiliki andil yang besar untuk menyukseskan program ini karena mereka tidak hanya peduli terhadap lingkungan sekolah, menanam berbegai jenis tanaman tetapi mereka juga merawatnya”.

Lanjut Tarmudji, andil besar para siswa SD IT YABIS pada program adiwiyata yaitu mereka diberi tanggung jawab untuk merawat tanaman yang sudah mereka tanam di area sekolah, menjaga kebersihan baik di kelas maupun di halaman sekolah. Kegiatan tersebut juga diharapkan untuk melatih tanggung jawab, kebersamaan, dan peduli lingkungan sesuai dengan visi SD IT YABIS tersebut “Menjadi Siswa Berakhlak Mulia Berprestasi Maksimal”.

Berbagai kegiatan yang telah kami lakukan diantaranya kerja bakti yang melibatkan seluruh dewan guru SD IT YABIS, membentuk team satgas, memperbaiki sarana dan prasarana, dan tiada henti-hentinya kami selalu mengkampanyekan pola peduli lingkungan, ungkapnya.

Program ini dimaksudkan untuk mendukung upaya pembangunan keberlanjutan di Indonesia disampaikan oleh Ketua Adiwiyata SD IT YABIS. “Sekolah yang mengikuti program Adiwiyata harus mampu melibatkan semua elemen sekolah untuk berpartisipasi secara aktif tidak hanya dalam kegiatan go green, tetapi juga digunakan sebagai media pembelajaran yang berbasis lingkungan oleh guru di SD IT YABIS” jelasnya.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.