Outing Class - Ajak Siswa Memetik Sayuran Di Kebun

YAYASAN YABIS, Sayuran menjadi slah satu asupan penting bagi pertumbuhan anak. Anak akan mendapatkan tambahan serat, vitamin, mineral, gizi, dan manfaat lain dari sayuran yang dikonsumsi. Sayangnya, sebagian besar anak usia dini belum menyukai sayuran sebagai menu makanan sehat. Hal inilah yang mendasari guru-guru di TK IT Yabis Bontang menggelar outing class bertemakan tanaman dan sayuran.

Demikian disampaikan Guru TK IT Yabis, Widyastuti yang saat ditemui sedang mendampingi siswa-siswi TK IT Yabis.

“Kita sadari, banyak anak yang belum suka makan sayur, padahal sayuran penting bagi tumbuh kembang anak. Ini menjadi usaha nyata dari pihak sekolah selain mendidik, kami mengajak anak-anak kami makan sayur sejak dini mungkin,” ujar ustadzah wid sapaan akrabnya.

Dijelaskan, outing class merupakan kegiatan puncak tema dalam bulan ini. Setiap bulan, TK IT Yabis mengadakan outing class dengan tema yang berbeda-beda. Pada bulan ini, tema yang dipilih adalah tanaman dan sayuran, selain anak-anak memetik sayuran di kebun, kami mengajak anak-anak berkunjung ke peternakan kambing milik warga di sekitar pekebunan tersebut. Hal ini, dapat memberikan pelajaran nyata kepada anak.

Kegiatan yang diselenggarakan di kebun milik warga perum Tata Selaras ini memberikan pelajaran kepada anak untuk menanam dan memanen sayuran. Mulanya, anak berbaris rapi mendengarkan arahan kepala sekolah kemudian barulah siswa memetik sayuran dan dilanjutkan berkunjung ke peternakan kambing. Seluruh kegiatan tersebut dibimbing langsung oleh guru dan disaksikan oleh orangtua mereka dari kejauhan.

“Biasanya kita mengadakan outing class di tempat perkantoran seperti polres bontang, pemadam kebakaran, namun kali ini bersamaan dengan masa panen kebun sayur milik warga, jadi sekalian kita memberikan pembelajaran disini,” tambah mujiah kepala sekolah TK IT Yabis.

Kegiatan yang digelar sejak pukul 8 pagi ini merupakan kegiatan belajar nyata dan bermakna, sehingga diharapkan anak-anak kami akan mempunyai keinginan untuk makan sayur. Setelah outing class berakhir, anak-anak pulang membawa sayur-sayuran hasil petikan mereka.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.