Kenalkan Sejak Dini Rukun Islam, Siswa TK IT YABIS Ikuti Manasik Haji Cilik

YAYASAN YABIS, Sebanyak 131 siswa-siswi kelompok B TK IT YABIS Bontang, mengikuti kegiatan Manasik Haji yang diselenggarakan oleh IGTKI kecamatan Bontang Barat, Sabtu (01/09).

Bertempat di Halaman Masjid Raya Baiturrahman Kota Bontang, sebanyak kurang lebih 560 peserta TK Islam se-Kecamatan Bontang Barat mengikuti rangkaian manasik Haji. Semua anak laki-laki menggunakan pakaian Ihram, sehelai kain putih yang dililitkan pada badan dan bahu saja, layaknya jam'ah yang sedang menunaikan ibadah haji di Mekkah. Begitupun anak-anak perempuan, semuanya memakai gamis dan kerudung serba putih.

Perkenalan manasik haji pada anak sejak dini bertujuan untuk menanam sifat religius islami, sekaligus memberikan pemahaman dalam menjalankan rukun Islam yang ke lima, yaitu Menunaikan Ibadah Haji.

Kepala sekolah TK IT YABIS, Mujiah mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memberikan pembelajaran dan pemahaman sifat religius islami kepada anak sejak usia dini, tentang tata cara melaksanakan Ibadah Haji, yaitu rukun islam yang ke lima, dan juga sebagai salah satu pendidikan para orangtua yang hadir yang belum melaksanakan ibadah haji bisa nantinya bisa memahami bagaimana proses pelaksanaannya.

“Ibadah Haji adalah cita-cita bagi setiap muslim, dengan harapan, pada saatnya anak-anak kita sudah besar, mereka bisa mengerti bagaimana cara melaksanakan rukun haji yang benar, selain itu, kegiatan ini, tidak hanya memberikan ilmu keagamaan berdasarkan teori, tetapi sekaligus dengan praktiknya,” jelas Mujiah.

Kegiatan Manasik sangat antusias diikuti oleh para murid TK IT setiap runtutan tata cara ibadah haji diperagakan, mulai dari menirukan  tawaf dengan cara mengelilingi replika Ka’bah sebanyak tujuh kali, kemudian melakukan Wukuf hingga Tahalul.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.