Business Day SD IT YABIS, Bukan Sekadar Ajang Berjualan

HUMAS YABIS, Business day! Momen yang satu ini ditunggu-tunggu seluruh siswa SD IT YABIS Bontang. Bahkan termasuk para orang tua/wali siswa. Kali ini siswa kelas 3 mendapat kesempatan untuk menggelar stand. Sejak pagi sebelum bel berbunyi, siswa kelas 3 yang didampingi para orang tua sudah kasak-kusuk berkelompok, menyiapkan barang dagangan dan keperluannya. Uang saku Rp 5.000 bisa mendapat berbagai kudapan nikmat. Yuk, tengok suasananya.

Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Aula Yabis, senin (11/12/2017) dipenuhi aneka jajanan dan makanan khas nusantara. Salah satu siswa dengan suara lantang tak segan menawarkan makanan kelepon, nasi kuning, telur asin, aneka es, tidak ketinggalan minuman segar berupa es jus, es cream, es dawet, juga es buah dan banyak ragam lain.

Kepala sekolah SD IT YABIS Moch Fauzi, M.Pd mengatakan, aneka produk makanan itu merupakan olahan khas nusantara diantaranya dari Sulawesi, Sumatera, Jawa dan lainnya. Di sekolah, mereka belajar menawarkan produk kepada seluruh stakeholder. Bukan hanya kepada para teman-temannya, mereka juga harus tangguh berjualan di hadapan guru, karyawan, ataupun wali murid yang kebetulan hadir. tuturnya.

Kegiatan Business day  ini tidak sekadar ajang jualan makanan atau minuman belaka, namun juga kesempatan anak-anak untuk belajar hal penting yang lain. Yakni, belajar merasakan menjadi pedagang (empati), belajar melatih kejujuran (akhlak), belajar bersosialisasi dengan pembeli (sosial), belajar mengatur keperluan yang harus disiapkan untuk melakukan sesuatu (strategi), belajar menimbang laba-rugi (ekonomis), hingga belajar menghitung pemasukan dan pengeluaran (matematika).

Ditambahkannya kami ingin menyampaikan kepada anak-anak kami, bahwa jumlah pengusaha muslim sangat kecil bahkan di skala nasional untuk penduduk Indonesia tidak lebih dari 20%. Padahal ini adalah salah satu profesi yang dicontohkan oleh rasullallah. dari 10 sumber penghasilan atau pekerjaan, 9 berasal dari kegiatan berbisnis. Kami berharap agar anak-anak kami dapat memetik nilai-nilai pembelajaran dalam kegiatan ini, Serta visi kami "Mengajarkan anak-anak kami berjiwa entrepreneur sejak dini"

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.