Bangun Jiwa Kreatifitas dan Berwirausaha melalui Business Day SD IT YABIS

Siswa-Siswi SD IT YABIS menawarkan aneka dagangan kepada Pembeli. (Foto: Kahar)


YAYASANYABIS.OR.ID - Dalam rangka Melatih dan membangun jiwa kreativitas anak dalam berwirausaha, SD IT YABIS Bontang menggelar kegiatan Business Day (Hari bisnis), Jumat (1/2).

Acara Business Day tersebut dilaksanakan di Halaman Sekolah SD IT YABIS sejak pagi hingga siang hari dan diikuti oleh siswa-siswi kelas 3.

Pardiyanto dalam kesempatan tersebut mengatakan, pada kegiatan Business Day tersebut setiap kelas memiliki lapak atau dagangan dengan namanya masing-masing dan menjual aneka makanan.

"di sini ada makanan, minuman dan jajanan khas nusantara buatan masing-masing anak Ada es mambo, es buah, resoles, donat, empek-empek dan banyak lainnya," sebutnya.

Pardiyanto  juga menjelaskan bahwa Business Day ini merupakan kegiatan puncak tema dan rutin di adakan di SD IT YABIS. Adapun keuntungan yang diperoleh dari acara Business Day akan kembali kepada anak-anak kami sendiri.

Pada kegiatan tersebut, murid-murid tampak sangat antusias dan semangat untuk ambil bagian dari acara. Begitu juga dengan sejumlah orangtua siswa turut ikut berpartisipasi melancarkan acara tersebut.

Dengan diadakannya acara ini, lanjut pardiyanto, diharapkan anak-anak kreatif menuangkan idenya dalam menghasilkan produk makanan dan percaya diri bahwa makanan yg dihasilkan itu dapat bernilai. Selain itu, agar anak-anak juga mengerti proses menjadi pengusaha, seperti cara menghitung kembalian, menghitung keuntungan, menawarkan dagangan kepada konsumen dan kerjasama dalam tim.

Kabid Dikdasmen Yayasan Yabis,   turut mengapresiasi kerja siswa dan guru pada kegiatan Business Day tersebut. Apalagi pada kegiatan tersebut, kata Yenindarti guru sebenarnya hanya berperan sebagai fasilitator yang menampung ide para siswa dan membantu mewujudkannya.

Dengan kegiatan seperti Business Day ini, sambungnya, guru bisa melihat langsung aplikasi pembelajaran siswa di kelas, sekaligus melatih kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.